Globalisasi

Kalian tahu kan, globalisasi? Globalisasi berasal dari kata global. Global artinya adalah secara umum atau keseluruhan. Globalisasi bermakna ; proses bersatunya seluruh warga dunia secara umum dan menyeluruh menjadi sebuah kelompok masyarakat, atau cara pandang dan proses masuk ke ruang lingkup yang mendunia. Ciri atau tanda dari globalisasi adalah:
Perkembangan bagian teknologi telekomunikasi dan informasi, misalnya ; komputer ( internet ), handphone / ponsel ( telepon seluler ), telepon rumah, televisi, dan radio.
Perkembangan bagian teknologi produksi, misalnya ; pabrik-pabrik yang menggunakan tenaga mesin, yaitu ; mesin jahit untuk pabrik pembuat kain / pakaian, dan segala macam mesin tertentu untuk membuat barang tertentu.
Perkembangan perekonomian, misalnya ; banyaknya barang yang diexport dari luar negri yang diperjual-belikan di dalam negri dan lebih bagus daripada buatan dalam negri yang dapat membanjiri uang kita ( laku berat ) karena orang-orang menganggap buatan luar negri lebih berkualitas, dan menyebabkan kerugian Negara. Teknologi dalam hal ekonomi juga dapat dijadikan ciri daripada globalisasi, misalnya ; mesin cuci modern bagi pembuka laundry, kalkulator untuk menghitung, promosi di televisi atau internet, dan lain-lain.
Perkembangan teknologi transportasi, misalnya ; taksi ( taxi ), mikrolet, bis, pesawat terbang, kapal laut, angkot ( angkutan kota ), dan lain-lain..

Pengaruh globalisasi ada yang negatif, ada pula yang positif. Berikut adalah keuntungan ( pengaruh positif ) globalisasi ;
- Teknologi komunikasi dan informasi ; dapat berkomunikasi jarak jauh dengan menghemat waktu ( sampai lebih cepat ).
- Teknologi produksi ; Tenaga kerja sedikit ( upah sedikit ), produksi cepat, tempat pemasaran luas, peralatan standart
- Teknologi transportasi ; bisa cepat jalannya, dan kenyamanan pun terjamin.
Pengaruh negatif / kerugian globalisasi, antara lain ;
- Teknologi produksi ; menimbulkan polusi, perlu keahlian khusus, banyak hambatan, biaya banyak, dan bergantung pada alat.
- Teknologi transportasi ; biaya perawatan banyak, bergantung pada tenaga ahli, dan bergantung pada suku cadang.

Kalian tahu kan, krisis gobal? Krisis global adalah kesusahan ekonomi akibat dari globalisali. Globalisasi membuat orang kesusahan uang dan tidak banyak membeli barang. Pabrik-pabrik rugi. Untuk mengurangi kerugiannya, banyak barang yang dimahalkan. Sekarang barang sedang naik.

Dalam era globalisasi ini, kita harus memikirkan orangtua. Kita tidak boleh menyusahkan orang tua. Kita tidak perlu bekerja, tetapi jangan merengek pada orangtua saat meminta uang jajan. Caranya adalah menabung. Pilih celengan yang dapat dibuka, misalnya celengan dengan kunci. Asalkan kuncinya tidak hilang. Tujuannya adalah saat kita mendapat uang jajan, jangan diboroskan. Sisakan dan masukkan dalam celengan. Jika kamu membutuhkan, kamu juga dapat meminta pada orang tua. Tetapi kalau orangtua sedang tidak mempunyai uang, janganlah kamu merengek. Bukalah celenganmu dan ambil bagian yang kamu butuhkan, dan seterusnya.

0 komentar:

Posting Komentar